Thursday, September 29, 2016

Makan Lebih Dari 3 Kali Apakah Sehat?

Dalam kesempatan kali ini kita akan bahas tentang pola makan lebih dari tiga kali sehari, apakah hal itu baik untuk kesehatan?.  Pertanyaan ini akan kita temukan jawabannya setelah kita selesai membaca artikel ini. Ada sebagian orang yang berpendapat bahwa kalau hanya makan dua kali sehari, atau tiga kali sehari, itu kurang baik untuk kesehatan, dan sebaliknya bila kita makan lebih dari tiga kali sehari, di yakini justru dapat berpengaruh pada peningkatan metabolisme tubuh kita, juga mengontrol kadar gula darah, serta bisa menstabilkan berat badan.

Makan lebih dari tiga kali sehari juga dipandang sebagai cara untuk menekan porsi makan kita yang berlebihan, artinya setiap kali makan sudah tidak perlu lagi makan dalam porsi yang banyak, jadi hanya makan secukupnya tetapi dilakukan beberapa kali dalam sehari. Anggapan seperti ini juga akhirnya memberi alasan kuat bahwa kalau hanya makan dua atau tiga kali sehari, maka porsi makanan yang di konsumsi akan besar, atau dengan kata lain setiap kali makan kita akan makan dalam porsi yang banyak, sehingga hal ini dipandang sebagai kebiasaan makan yang akan mempercepat peningkatan berat badan. Apakah benar demikian? makan lebih dari tiga kali sehari ini didasarkan atas fakta bahwa tubuh manusia memiliki ritme yang harus di ikuti, oleh sebab itu makan tidak perlu mengikuti aturan jam makan pada umumnya, sebab ritme tubuh akan memberi sinyal atau alarm secara alami yaitu ditandai dengan rasa lapar.


makan 3 kali sehari
Image From http://img.aws.livestrongcdn.com/


Berikut ini kita akan mencoba untuk mengerti akan ritme tubuh yang terjadi secara alami:


Biasanya pukul 04. 00 – 12. 00, adalah saat di mana tubuh kita akan mengalami apa yang dinamakan detoksifikasi atas makanan yang telah kita konsumsi sebelumnya.  Artinya pada jam inilah lambung akan bekerja untuk membuang berbagai kotoran.  Oleh sebab itu dianjurkan pada jam-jam ini alangkah baiknya mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat atau yang berserat tinggi, atau makanan yang membantu untuk mengeluarkan sisa-sisa makanan, jadi tubuh alangkah baiknya jangan dibebani dengan makanan yang mengandung banyak karbohidrat karena akan mempersulit daya kerja lambung. Jam 12. 00 – 20. 00, biasanya ini adalah waktu dimana tubuh kita menyerap makanan dengan baik.  

Pada jam-jam ini lebih disarankan kepada untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung protein tinggi, vitamin, dan kaya akan nutrisi, serta karbohidrat yang seimbang dapat dikonsumsi pada jam-jam ini. Pada jam 20. 00 – 04. 00, biasanya ritme tubuh mulai melambat dalam proses pencernaan makanan.  Karena proses pencernaan mulai lambat pada jam-jam ini, maka usahakanlah kalau mengkonsumsi makanan pilihlah makanan yang rendah karbohidrat, supaya tidak memberatkan proses kerja lambung.


Sahabat bisa mengkonsumsi makanan mengenyangkan yang bernutrisi tetapi rendah gula. Jadi kalau ada orang-orang yang berpendapat bahwa idealnya makan lebih dari tiga kali sehari, itu karena mereka memiliki jadwal makan tersendiri yang di jaga secara teratur. Dari pengalaman diet yang saya jalani ada beberapa jam makan yang saya jaga secara teratur mulai dari: Jam 07. 00, sarapan pagi hanya roti gandum yang di oleskan selai kacang, dan segalas susu rendah lemak, atau sebutir telur rebus dengan segelas susu rendah lemak. Jam 10. 00, makan makanan ringan seperti pisang, apel, atau jus buah. Jam 12. 00, makan siang dengan porsi nasi secukupnya, dan alangkah baiknya nasinya adalah nasi merah, dan lauk yang banyak seperti sayuran dan ikan-ikanan. Jam 15. 00, makan bubur kacang hijau tanpa santan atau makan roti gandum, atau bisa juga buah-buahan pilihan lainnya. Jam 18. 00, makan sore dengan lebih banyak makan sayur-mayur, serta ikan-ikanan. Jam 20. 00 – 21. 00, kalau terasa lapar maka makanlah buah seperti jeruk, sebutir apel, atau pisang. Alangkah baiknya dua sampai tiga jam sebelum tidur malam, jangan mengkonsumsi makanan lagi supaya tidak memberatkan kerja lambung dan ginjal. semoga artikel ini bermanfaat.

0 komentar: