Thursday, September 29, 2016

Cara Diet Dengan Makanan Mentah

Sebenarnya ada banyak program diet yang bisa kita jalankan untuk menurunkan berat badan dan dari sekian banyak program diet yang ada, maka diet makanan mentah bisa menjadi salah satu pilihan untuk menurunkan berat badan. Saat saya mempelajari berbagai macam program diet yang ada maka program diet makanan mentah ini membawa saya ke gaya hidup masa lalu saat masih dikampung halaman, dimana saat hidup di desa itu saya dan orang-orang yang hidup di desa sudah sangat terbiasa dengan mengkonsumsi makanan mentah, dalam hal ini adalah mengkonsumsi ikan secara mentah, bahkan itu hampir setiap saat. Tentu saat itu di usia masih anak-anak hingga remaja, yang namanya orang hidup di kampung belum pernah mengetahui bahwa kebiasaan makan makanan mentah seperti ikan ini merupakan salah satu cara yang baik untuk program diet menurunkan berat badan.

Mungkin sahabat ada yang bertanya-tanya kok ikan dimakan mentah-mentah sih, rasanya gimana?. Tentu bagi orang desa yang sudah terbiasa dengan gaya hidup seperti ini turun temurun tetap akan sangat menikmatinya, karena ikan yang dimakan secara mentah itu, telebih dahulu di olah dengan berbagai rempah-rempah yang pada akhirnya ikan mentah ini bisa menjadi makanan yang sangat nikmat untuk di konsumsi. hidup di ibu kota seperti sekarang ini, lalu mulai banyak baca berbagai informasi tentang makanan sehat barulah kita tahu bahwa “oh ternyata kalau semakin lama makanan dimasak maka semakin berkurang juga kandungan vitamin, nutrisi dan protein didalamnya”. Saya jadi menemukan jawaban secara tidak langsung kenapa orang yang hidup di desa itu ternyata badannya lebih fit dan sehat di bandingkan dengan orang yang hidup di kota, bahkan di desa jarang sekali kita melihat orang yang sudah lanjut usia memiliki perut buncit.


cara diet sehat


Rupanya hal itu terjadi karena pengaruh pola makan sehat yang sudah di jalankan tanpa di sadari kalau kebiasaan makan makanan mentah itu merupakan bagian dari cara hidup sehat atau bagian dari pola makan yang sehat. alasan bila semakin lama makanan dimasak akan mengurangi kandungan vitamin, nutrisi serta protein yang terkandung dalam makanan tersebut, maka saat ini banyak orang mulai memilih untuk menjalankan diet makanan mentah. Tidak semua orang bisa menikmati makanan mentah tanpa diolah seperti saya ceritakan kebiasaan makan makanan mentah semasa hidup di kampung halaman tadi.

Oleh sebab itu ada orang-orang yang saat ini mensiasatinya dengan cara memasak makanan yang akan di konsumsi tersebut hanya dengan panas dehydrator sekitar 46°C-48°C. Saat ini ada begitu banyak orang yang tertarik dengan cara diet makan mentah ini, namun tentu tidak semua orang berhasil menjalankannya karena faktor tidak terbiasa makan makanan mentah, yang pada akhirnya program diet makan makanan mentah ini berhenti ditengah jalan alias beralih ke cara diet yang lain. Sebagai catatan penting, jika yang tidak terbiasa dengan makan makan mentah maka diet makan makanan mentah ini jangan di jalankan.  

Lalu bagaimana kalau ada yang mau menjalankannya?


Cari Informasi Manfaat Makanan Mentah Bila teman-teman ingin menjalankan progam diet makanan mentah ini, maka saya menganjurkan supaya carilah berbagai informasi tentang manfaat makan makanan mentah sebanyak-banyaknya, supaya dari informasi yang di dapat sahabat cara diet sehat bisa menentukan jenis makanan apa saja yang ingin di coba dimakan secara mentah, dan jangan sekaligus dilakukan secara ekstrim, artinya jangan dilakukan untuk semua makanan, tetapi cobalah perlahan-lahan. dengan satu jenis makanan dimakan secara mentah, cobalah untuk menikmati yang lainnya secara perlahan-lahan, maka lama kelamaan akan menjadi kesukaan tersendiri terhadap semua jenis makanan, dan tentu pada akhirnya bisa sangat menikmatinya, akhirnya resiko gagal dalam menjalankan program diet makan makanan mentah ini kecil sekali. Jenis Makanan Apa Saja Yang Bisa Dimakan Secara Mentah? Mulailah dengan buah-buahan, sayur-sayuran yang biasa di jadikan lalapan, kemudian ikan-ikanan seperti salmon dan beberapa jenis iklan lainnya.  Mulai secara perlahan-lahan dan jangan memaksakan diri.

Cara Pengolahan Makanan Mentah Untuk Dimakan


Pastikan semua peralatan yang akan dipakai untuk mengolah makanan mentah tersebut dalam keadaan bersih atau higienis, sebab bila tidak maka bisa saja ada bakteri yang pada akhirnya menempel pada makanan mentah yang akan dimakan, akibat peralatan yang dipakai tidak bersih.


Cara Memasaknya Bagaimana?



Cara memasaknya menggunakan alat bernama dehydrator makanan yang fungsinya dapat mengeringkan sayuran, buah dan bahan makanan lain.  Dehydrator bekerja dengan cara pemanasan, namun temperaturnya tidak bisa lebih dari 46°C-48°C. Sebagai catatan penting, menurut The American Dietetic Association, memasak makanan di bawah 48°C mungkin tidak mematikan semua bakteri berbahaya dalam makanan.  Oleh sebab itu kita harus benar-benar bisa memilih jenis makanan yang tidak rawan mengandung bakteri. Ok itu dulu informasi yang bisa saya bagikan buat semua sahabat cara diet sehat, semoga informasi ini bermanfaat.

0 komentar: