Friday, September 30, 2016

Vitamin Yang Diperlukan Saat Usia 40 Tahun

Pada artikel kali ini saya akan berbagi informasi tentang Vitamin-vitamin yang diperlukan saat sudah mulai memasuki usia 40 Tahun keatas. Di usia ini tentu akan sangat rawan sekali untuk kebugaran tubuh, terlebih bagi kaum wanita yang sudah mulai memasuki usia 40 Tahun. Alasannya kenapa?, karena pada usia ini massa otot sudah mulai lemah.  Selain itu di usia ini biasanya banyak wanita yang sudah melahirkan akan dihantui dengan rasa takut menjadi lebih gemuk, selain itu di usia ini juga wanita harus lebih memperhatikan perawatan tubuh, karena sudah mulai masuk ke jenjang menopause, walaupun kondisi ini tentu berbeda untuk setiap wanita. Selain itu memasuki usia 40 Tahun ini, bila kebugaran tubuh tidak dijaga, maka akan sangat rawan sekali dan rentan terhadap berbagai penyakit kronis seperti kanker, diabetes, sakit jantung, dan lainnya.


vitamin untuk usia 40 tahun
Image From : https://jonbarron.org


Itulah kenapa di usia 40 Tahun ini, untuk seorang wanita harus lebih memperhatikan pola hidup sehat, tentu dengan merubah pola makan yang baik dan juga memberikan pada tubuh vitamin-vitamin yang diperlukan oleh tubuh, supaya metabolisme tubuh tetap terjaga. Berikut ini saya akan memberikan informasi tentang vitamin-vitamin apa saja yang diperlukan oleh tubuh, saat seorang wanita sudah memasuki usia 40 Tahun.

  • Vitamin B12
Di usia ini tubuh sangat memerlukan Vitamin B12, karena vitamin B12 ini sangat penting untuk darah maupun fungsi otak, namun dapat juga meningkatkan kadar asam lambung, oleh sebab itu takaran dalam mengkonsumsi vitamin B12 ini perlu diperhatikan.  Sedapat mungkin konsumsi vitamin B12 ini jangan lebih dari 2,4 mg per hari. Asupan Vitamin B12 ini, biasanya kalau untuk anak-anak dan orang dewasa yang masih berusia dibawah 40 Tahun, maka bisa didapatkan dengan mengkonsumsi makanan-makanan seperti ikan, ayam, telur, atau susu. Jika Anda terjanjur mengkonsumsi Vitamin B12 ini dengan kadar yang berlebihan, tidak perlu terlalu kuatir, karena kadar yang berlebihan tersebut akan larut dan terbuang bersamaan dengan air seni.

  • Vitamin D
Setelah memasuki usia 40 Tahun, Vitamin D sangat diperlukan untuk tubuh, karena dengan mengkonsumsi Vitamin D secara teratur di usia 40 Tahun keatas, akan melindungi tubuh dalam proses perubahan yang terjadi karena usia yang semakin tua. Di usia 40 Tahun ini, bila kita kekurangan vitamin D maka akan sangat rawan terhadap berbagai penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, penyakit payudara, multiple sclerosis, maupun kanker, yang mana semuanya itu bisa terjadi karena faktor usia yang semakin tua dan tubuh tidak terawat dengan baik. Ada sumber Vitamin D yang tak terbatas bisa kita dapatkan dari sinar matahari pagi, selain itu tentu kita bisa menambah asupan Vitamin D dengan mengkonsumsi berbagai makanan atau suplemen Vitamin D3.

  • Kalsium
Kebutuhan akan Kalsium bagi tubuh sangat penting, karena akan bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang di usia yang sudah mulai menua. Kebutuhan akan Kalsium ini bisa di dapatkan dari berbagai jenis makanan yang kita konsumsi setiap hari seperti tahu, susu, brokoli, ikan sarden, sayur bayam, almond, dan yang lainnya. Asupan Kalsium yang cukup untuk tubuh tentu akan sangat banyak diserap oleh tulang, apalagi pada usia dibawah 30 tahun, namun akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang setelah memasuki usia yang semakin lanjut.

  • Magnesiun

Wanita yang mulai menginjak usia 40 tahun sangat memerlukan Magnesium.  Kenapa?, karena magnesium sangat penting karena fungsi utamanya adalah untuk mengatur tekanan darah. Asupan magnesium yang cukup akan baik untuk tubuh karena di usia ini biasanya tubuh sudah sangat rentan dengan tekanan darah tinggi, dan juga bila kekurangan magnesiun maka akan sangat berkaitan dengan diabetes, penyakit jantung, maupun radang. Sumber magnesium bisa didapatkan dengan mengkonsumsi makanan seperti kacang-kacangan, sayuran hijau, kedelai, alpukat dan biji-bijian.  Mengkonsumsi magnesium berlebihan tidaklah beresiko untuk kesehatan tubuh, namun terkadang dapat menyebabkan mual, diare, atau kram.

  • Kalium

Tubuh sangat dianjurkan mendapat asupan kalium 4,7 g/hari.  Kalium dibutuhakn oleh tubuh karena baik untuk menjagah tekanan darah, oleh sebab itu kalium sangat diperlukan, baik itu yang masih berusia muda ataupun yang memasuki usia 40 tahun, apalagi bagi wanita pasca-menoupase. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung kalium akan sangat bermanfaat untuk menurunkan resiko terkena stroke, walaupun hanya mengkonsumsi dalam kadar kurang dari 4 g/hari. Beberapa jenis makanan yang mengandung kalium bisa Anda konsumsi antara lain; ubi jalar, pisang, lobak, juga kacang-kacangan.

  • Probiotik

Probiotik sebenarnya tidak termasuk dalam kategori vitamin, namun probiotik merupakan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, terlebih bagi kaum wanita yang mulai menginjak usia 40 tahun. Probiotik sangat bermanfaat dan memiliki peran penting dalam menjaga usus agar supaya tetap sehat, dan nutrisi ini baik juga untuk menjaga berat badan, selain itu probiotik juga dapat menurunkan resiko diabetes, penyakit jantung, dan stroke.  Probiotik dapat diperoleh dengan mengkonsumsi produk kedelai yang difermentasi serta susu.

  • Omega 3


Sama dengan probiotik, secara teknis omega 3 tidak termasuk dalam kategori vitamin, namun asam lemak yang terkandung dalam omega 3 sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Omega 3 berfungsi untuk mencegah terjadinya beberapa perubahan negatif yang akan datang di saat usia mulai semakin menua, seperti terjadinya kognitif yang menurun dan peningkatan resiko penyakit jantung. Omega 3 ini bisa didapatkan saat mengkonsumsi ikan-ikanan, biji rami ataupun kenari serta sayuran berdaun lainnya. itulah beberapa jenis vitamin yang perlu dikonsumsi saat sudah mulai memasuki usia 40 tahun.  Semoga bermanfaat.

0 komentar: