Thursday, September 29, 2016

Cara Mengatur Pola Makan Sehat Yang Baik

Banyak orang tidak menyadari bahwa cara seseorang makan atau mengkonsumsi makanan akan berpengaruh terhadap kesehatannya.  Kenapa?, sebab apabila kita memiliki pola makan yang keliru maka akan menyebabkan terjadinya gangguan pada kesehatan tubuh kita, hal ini akan terjadi terutama menurunnya sistem imun. Terjadinya hal ini karena pola makan kita yang tidak benar atau tidak teratur akan menyebabkan asupan yang diperlukan oleh tubuh tidak terpenuhi.  Kebiasaan pola makan tidak benar ini kelihatannya tidak mempunyai dampak atau pengaruh apa-apa, karena ada banyak orang yang pola makannya juga tidak benar atau memiliki pola makan yang buruk terlihat sehat-sehat saja, padahal sesungguhnya dampak dari pola makan tidak benar itu baru akan dirasakan di hari-hari kemudian atau saat usia sudah mulai beranjak tua.


Akibat dari tidak memperhatikan pola makan yang benar, tanpa disadari oleh kita sesungguhnya banyak penyakit bisa dialami, mulai dari sakit yang ringan sampai sakit yang cukup serius atau termasuk sakit berat. Sebut saja penyakit-penyakit seperti sakit maag, darah tinggi, diabetes, sakit jantung, sampai kepada sakit kanker, dan lain sebagainya, bisa kita alami setiap saat disaat kita tidak memiliki pola makan yang benar atau yang teratur. Pola makan tidak benar ini biasanya dimulai dari kebiasaan kita yang selalu makan sesuka hati kita, baik itu porsi makannya yang berlebihan atau sebaliknya, akan memiliki dampak pada tubuh kita. Pola makan yang buruk biasanya dimulai dari tidak teraturnya jam makan kita setiap hari, jadi kadang lebih mengutamakan pekerjaan akhirnya makan menjadi terlambat, atau kalau makan pun seadanya saja yang penting bisa terasa kenyang. 


cara mengatur pola makan sehat


Faktor inilah yang membuat akan berdampak buruk terhadap kesehatan kita. Kalau kita tidak memperhatikan pola makan sehat yang benar, maka tubuh kita akan rentan terhadap penyakit yang setiap saat mengintai.  Pola makan yang buruk biasanya akan berpengaruh pada gangguan kesehatan tubuh seperti obesitas, perut kembung, karena kekenyangan kemudian muntah-muntah, dan banyak hal lainnya yang bisa terjadi. Itulah sebabnya kenapa kita harus benar-benar memperhatikan dan mengatur pola makan kita dengan benar untuk menghindari terjadinya gangguan kesehatan atau hal-hal yang tidak kita inginkan, yang bisa berpengaruh buruk terhadap kesehatan tubuh kita.

.
Zaman moderen saat ini tentu aktivitas setiap orang atau mobilitas kerjanya sangat tinggi, tetapi alangkah baiknya jika kita bisa mengatur gaya hidup kita dalam menerapkan pola makan yang benar dan teratur. Terkadang karena terburu-buru untuk berangkat kerja, atau karena hal lainnya membuat kita tidak sempat lagi untuk sarapan pagi, padahal sarapan pagi itu penting untuk menjaga keseimbangan kondisi tubuh kita. Bahayanya lagi sudah tidak sempat sarapan pagi, kemudian makan siangpun terlambat karena lebih mementingkan pekerjaan, inilah yang akan membahayakan tubuh kita tetapi sering kita tidak pernah mau menyadarinya.


Akibat dari pola makan yang tidak benar maka dampaknya bukan saja kepada kesehatan tubuh kita, tetapi akan berdampak juga pada pengeluaran kita, karena tidak menjaga pola makan yang benar yang terjadi adalah terkena penyakit, bila sudah demikian maka hasil dari jerih lelah kita bekerja hanya dihabiskan untuk biaya rumah sakit atau dokter. Oleh sebab itu saat ini mulailah mengatur kembali cara hidup sehat dengan menerapkan pola makan yang benar, mulai dari sarapan pagi, makan siang sampai makan malam, usahakan supaya pola makan tetap terjaga dengan teratur. Sehat akan menjadi mahal kalau pola makan kita tidak teratur, sebaliknya sehat itu murah kalau kita membiasakan diri untuk mengatur pola makan dengan baik. semoga bermanfaat.

0 komentar: